” Kick Off ” Revitalisasi Kota Tua Jakarta



Kota Tua akan segera melakukan seremoni sebagai tanda "Kick Off" Revitalisasi Kota Tua Jakarta pada tanggal 16 April 2017. Ketua Pokja Percepatan 10 Destinasi Prioritas Pariwisata Kemenpar Hiramsyah S. Thaib mengatakan, kegiatan ini merupakan gawean dari Dinas Pariwisata DKI yang akan menggelar diskusi dengan tema "2017: Wajah Kota Tua yang Berubah".

Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama memang sudah merencanakan revitalisasi dikawaasan Kota Tua sejak tahun 2012 dan direncanakan pada tahun 2014, namun ditemukan kendala sehingga revitalisasi masih belum sempurna. Revitalisasi meliputi penataan sarana dan prasarana untuk pejalan kaki, penambahan aktivitas sekitar wilayah kota tua serta ruang kreatif.



Menurut Hiram-sapaan akrab Hiramsyah S. Thaib, kegiatan ini sejalan dengan usaha pemerintah dalam program percepatan pengembangan daerah wisata dan lingkungan, sosial serta kearifan lokal budaya bangsa.

“Kendalanya ( revitalisasi Kota Tua) dikarenakan kepemilikan gedung, banyak BUMN-nya (gedung yang dimiliki BUMN),” kata Ahok,
Adapun 17 gedung tua di kawasan Kota Tua merupakan milik BUMN, yang dipegang PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (Persero).

Kini kawasan Kota Tua sudah mulai dirapikan dan gedung mulai dicat ulang. Revitalisasi kota tua memang sudah lama didengungkan. Namun belakangan, terdapat kemajuan yang signifikan. Menurut Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok secara prinsip proses jauh lebih cepat. diharapkan tidak sampai 5 tahun selesai.

Nantinya, pekerjaan itu juga akan dilanjutkan hingga ke Kali Pakin, Pasar Ikan, Jakarta Utara.

"Termasuk kami akan merapikan Luar Batang hingga Museum Bahari," kata Ahok.














Sumber :

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konservasi Arsitektur "Museum Bank Indonesia"

Kritik Arsitektur

Tugas Maket