Yang Saya Banggakan Sebagai Warga Indonesia


Yang saya banggakan menjadi warga negara Indonesia adalah kebudayaan tarian diIndonesia dengan memiliki keanekaragaman tarian budaya disetiap daerahnya. diantaranya :
Tari-tarian Daerah Jawa Barat
Tari Topeng Kuncaran, merupakan sebuah tarian yang mengisahkan dendam kesumat seorang raja karena cintanya ditolak





Tari Merak, sebuah tari yang mengisahkan kehidupan burung merak yang serba indah dan memukau.



Tari-tarian Daerah Istimewa Aceh
Tari Seudati, berasal dari Arab dengan latar belakang agama Islam. Sebuah tarian dinamis penuh keseimbangan dengan suasana keagamaan. Tarian ini sangat disenangi dan terkenal di daerah Aceh.



Tari Saman Meuseukat, di lakukan dalam posisi duduk berbanjar dengan irama yang dinamis. Suatu tari dengan syair penuh ajaran kebajikan, terutama ajaran agama Islam



Tari-tarian Daerah Bali
Tari legong, merupakan tarian yang berlatar belakang kisah cuinta Raja dari lasem. Diterikan secara dinamis dan memikat hati.


Tari Pendet pada awalnya merupakan tari pemujaan yang banyak diperagakan di pura, tempat ibadat umat Hindu di Bali, Indonesia. Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Lambat-laun, seiring perkembangan zaman, para seniman Bali mengubah Pendet menjadi “ucapan selamat datang”, meski tetap mengandung anasir yang sakral-religius.


Tari-tarian Daerah Sulawesi Selatan
Tari Kipas, tari yang mempertunjukkan kemahiran para gadis dalam memainkan kipas samhil mengikuti alunan lagu.



Tari-tarian Daerah Sumatra Barat
Tari Piring : Sebuah tari tradisional yang melambangkan suasana kegotong royongan rakyat dalam menunaikan tugasnya. Siang hari mengerjakan sawah ladang dan malam harinya bersukaria bersama-sama.

Tari-tarian Daerah Sumatra Utara
Tari Tor Tor, Sebuah tari dari daerah Batak dengan latar belakang falsafah peradatan dan ditarikan dalam suasana khusuk

Tarian tradisional Indonesia sangat Unik, Indah di lihat, dengan berbagai macam jenis tarian diIndonesia kita dapat banyak mempelajari macam macam tarian dan makna tarian diIndonesia.

Harapan saya tentang tarian budaya Indonesia adalah anak-anak Indonesia lebih di didik untuk mengenal dan mengetahui macam macam tarian tradisional yang ada di Indonesia. Apa lagi di jaman modern ini lebih banyak anak anak di Indonesia yang lebih memilih untuk mempelajari tarian tarian modern seperti dance atau chealeadr kemungkinan sedikit untuk anak anak Indonesia mengembangkan atau menarikan tarian tradisional.




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konservasi Arsitektur "Museum Bank Indonesia"

Kritik Arsitektur

Tugas Maket