STUDI ESKURSI KUALA LUMPUR TOWER

Menara Kuala Lumpur atau Kuala Lumpur Tower adalah sebuah menara di Kuala Lumpur, Malaysia yang dibuka pada tahun 1995 dan mencapai ketinggian 421 m, tertinggi ke-6 di dunia. Menara ini digunakan untuk memperlancar komunikasi dan seperti menara-menara tinggi lainnya, menara ini juga menyediakan dek pengamatan
Konstruksi Pembangunan Menara Kuala Lumpur dimulai pada 4 Oktober 1991 dan terdiri dari 3 tahap.
  1. Tahap pertama adalah pelebaran Jalan Punchak dan ekskavasi sampai 15 Agustus 1992.
  2. Tahap ke-2 adalah pembangunan fondasi dan basement yang dimulai pada 6 Juli 1992 dan selesai pada 15 April 1993.
  3. Pada 1 Mei 1993, Tahap ke-3 dimulai untuk membangun struktur utamanya, yaitu menara dan bangunan untuk turis. Bangunan tersebut dirancang dan didekorasi dengan dekorasi yang mencerminkan budaya Islam di Malaysia salah satunya adalah kubah di lobi yang terbuat dari kaca yang ditata sedemikian rupa sehingga tampak seperti berlian dalam bentuk Muqarnas oleh perajin Iran dari Isfahan.
Menara Kuala Lumpur setinggi 421 meters ini dibangun sejak tahun 1994 dan diresmikan penggunaannya oleh Perdana Menteri Mahathir Muhamad pada september 1996. Selain karena ketinggiannya Menara Kuala lumpur ini juga mempunyai sejumlah keunikan lain diantaranya : Kontruksi bangunan dirancang begitu rupa sehingga andai kata di goyang gempa bumi menara jangkung ini ibarat pohon yang lentur mengikuti arah tiupan angin atau gempa sejauh 1,5 meters dari puncaknya.

Menara Kuala lumpur dibuat dengan pondasi dengan kedalaman 117 meters dan membutuhkan semen sekitar 7.100 M3. dalam waktu 2 minggu secara terus menerus untuk menuangkannya. Dengan luas lantai 7.700 M2 menara ini terbagi atas 3 bagian utama yaitu : Pondasi, Badan dan Kepala Menara. 


Desain puncak menara yang berbentuk Nenas di ilhami oleh nama kawasan Bukit Nenas, tempat menara didirikan. Bagian luar dan dalam puncak menara diberikan sentuhan ukiran islami yang dibuat oleh para seniman Timur Tengah.


Fasilitas yang tersedia di Kuala Lumpur Tower sebagai berikut :

1. 1Malaysia Cultural Village
Merupakan area kampung budaya Kuala Lumpur, Malaysia


2. KL Mini Zoo

Area hewan - hewan langka yang dilindungi

4. F1 Simulator

5. Amphitheater

Area gedung terbuka yang tersedia diKuala Lumpur Tower
6. Restauran


Area tempat makan yang tersedia di dalam dan luar sekitar parkiran Kuala Lumpur Tower

8. Parkir
Area tempat parkir mobil dan motor yang tersedia di Kuala Lumpur Tower


9. Sculpture / Penanda 
Berfungsi sebagai sculpture/penanda kedatangan di Kuala Lumpur Tower


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konservasi Arsitektur "Museum Bank Indonesia"

Kritik Arsitektur

Tugas Maket